Hostiko-logo
Screenshot

Istilah “bit” merupakan sebuah satuan data. Komputer 32 bit adalah komputer yang dapat memproses 232 data dalam satu waktu. Sedangkan komputer 64 bit adalah komputer yang dapat memproses 264 data dalam satu waktu. Perbedaan yang cukup berpengaruh juga adalah kompatibilitas software yang dapat digunakan.

Pada laptop dan komputer pada umumnya, dikenal dua jenis sistem bit yang dapat digunakan oleh pengguna komputer, yaitu antara sistem bertipe 32-bit dan sistem dengan tipe 64-bit. Dua angka ini menunjukkan lebar atau banyak data maksimal yang dapat di proses oleh suatu sistem komputer. Biasanya, sistem 32-bit berarti membutuhkan prosesor yang memiliki tipe bit 32-bit atau 64-bit

Di bawah ini akan kita bahas bagaimana cara cek bit laptop yang kamu miliki. Perlu diperhatikan bahwa cara di bawah ini dapat diterapkan pada sistem operasi Windows, baik Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Sementara pada sistem operasi yang lain mungkin akan sedikit berbeda seperti misalnya pada sistem operasi macOS, atau Linux.

Cara pertama untuk mengetahui berapa bit sistem komputer yang kamu miliki, adalah dengan mengetahui info tentang prosesor yang terdapat dalam komputermu. Kamu dapat melakukan ini dengan menggunakan bantuan aplikasi-aplikasi tertentu. Salah satunya adalah dengan aplikasi SecurAble. Aplikasi ini termasuk aplikasi gratisan yang bisa kamu dapatkan dari internet. Kamu tinggal mengunduh aplikasi ini kemudian menginstallnya, lalu menjalankannya untuk mengetahui jenis prosesor apa yang terdapat dalam komputermu, apakah prosesor 32 bit atau prosesor 64 bit. Lewat aplikasi ini kita bisa mengetahui bit laptop dari berbagai jenis processor AMD, ataupun Intel sekalipun terdapat perbedaan antara Intel dan AMD salah satunya pada jenis socket processor yang digunakan.

Alternatif berikutnya buat kamu yang ingin mengetahui jenis bit komputermu adalah dengan menggunakan fitur Windows yaitu System Properties. Untuk mengakses fitur ini, baik pada Windows

Vista, Windows 7, Windows 8, atau Windows 10 kurang lebih adalah sebagai berikut. Pertama, kamu harus membuka start menu atau meng-klik ikon Windows, kemudian klik kanan pada ikon komputer atau biasanya “My Computer”, kemudian dari menu yang muncul tinggal pilih “Properties”.

Pada jendela baru yang muncul, akan ada menu atau tab “System” yang berisi “System type”. Pada tab itu kamu bisa melihat sistem operasi Windows apa yang sedang digunakan baik pada Windows 32 bit ataupun 64-bit.