Hostiko-logo
Screenshot

Virtualization Technology atau VT adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk membuat satu prosesor dapat bekerja layaknya beberapa prosesor.

Buat apa kegunaannya? Macam-macam. Tapi tujuan utamanya adalah untuk menjalankan virtual machine di komputer dengan satu sistem hardware saja, agar bisa berjalan secara optimal.

Kalau CPU kamu support fitur Virtualization Technology, selanjutnya kamu hanya perlu mengaktifkannya saja. Untuk cara mengaktifkan virtualization technology windows 10 bisa melalui BIOS. Berikut langkah-langkahnya:

1. Masuk Ke BIOS

Pertama, silahkan matikan PC atau laptop kamu dulu. Kemudian hidupkan kembali sambil klik tombol F1, F2 atau lainnya (tergantung merk dan seri laptop yang dipakai). Kalau sudah, kamu bisa pilih menu BIOS Setup.

2. Pilih Tab Configuration

Tunggu beberapa saat sampai sistem mengarahkan kamu ke BIOS. Kalau sudah di BIOS, sekarang silahkan klik tab Configuration yang ada di bagian atas.

3. Aktifkan Intel Virtualization Technology

Kemudian cari fitur Intel Virtualization Technology. Kamu bisa tekan Enter untuk memunculkan opsi dan pilih Enabled.

Setelah itu, tekan tombol F10 untuk menerapkan pengaturan tersebut dan keluar dari BIOS Setup. Maka fitur Virtualization di PC kamu sudah aktif.

Sedikit catatan tambahan, jika PC atau laptop kamu memakai UEFI, langkah-langkahnya harusnya tidak jauh beda.

Cara Mengetahui Virtualization Sudah Aktif atau Belum

Kalau saya sendiri, terus terang kalau sudah mengaktifkan fitur virtualization di BIOS, jarang cek lagi fiturnya sudah running atau belum.

Tapi yaa, kalau Anda penasaran sih bisa juga diketahui. Pakai cara ini:

  • Klik tombol Ctrl + Alt + Del.
  • Kemudian, pilih Task Manager.
  • Setelah itu, buka kolom Performance.
  • Cek pada kolom Virtualization.
  • Kalau Enabled, berarti fitur VT sudah aktif.

Sebenarnya tidak harus Windows , sistem operasi lain seperti MacOS atau Linux juga bisa.